Harap Tunggu


img_head
BERITA

DIRJEN BADILUM APRESIASI REFLEKSI KINERJA PENGADILAN TINGGI DENPASAR

Jan08

Konten : berita humas
Telah dibaca : 187 Kali
Tanggal Upload : 08 January 2024


Denpasar - Senin 8 Januari 2024, Pengadilan Tinggi Denpasar menyelenggarakan Refleksi Kinerja secara regular untuk yang ke-3 kali sejak tahun 2022, 2023 dan 2024 bertempat di Gedung Bale Agung Pengadilan Tinggi Denpasar. Refleksi kinerja diharapkan akan dapat terus diselenggarakan di tahun mendatang, Karena merupakan bentuk pertanggungjawaban lembaga kepada publik sebagaimana yang dilakukan lembaga peradilan dibawah Mahkamah Agung RI dan juga sekaligus sebagai informasi kepada masyarakat untuk dapat mengetahui capaian kinerja yang telah diraih oleh Pengadilan Tinggi Denpasar beserta jajaran peradilan dibawahnya selama satu tahun kebelakang.

Pada penyampaian refleksi ini, Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar H. Mochamad Hatta, S.H.,M.H. menyampaikan capaian kinerja pengadilan tinggi dan seluruh jajaran dibawahnya dalam menyelenggarakan tugas pokok dan fungsinya sebagaimana tertuang dalam 4 fungsi pengadilan yaitu : fungsi mengadili, fungsi Pembinaan, fungsi Pengawasan dan juga administrasi ( administrasi teknis maupun umum ).

Pada refleksi kinerja tahun 2023, mengangkat tema: “Tingkatkan Integritas Yang Ampuh Menuju Peradilan Yang Agung”. Tema ini menggambarkan tekad Pengadilan Tinggi Denpasar beserta seluruh jajaran untuk mengimplementasikan kebijakan pimpinan Mahkamah Agung sebagaimana telah disampaikan  berulangkali terakhir pada acara refleksi tahun 2023. Aspek Integritas merupakan modal dan kunci dalam upaya membangun peradilan yang bersih dan berwibawa, sedangkan AMPUH adalah Peradilan UNGGUL dan TANGGUH kelanjutan dari Akreditasi Penjamin Mutu.

Pengadilan Tinggi Denpasar selaku kawal depan Mahkamah Agung di daerah (voorpost) telah berupaya mendukung pelaksanaan dari program dan kebijakan pimpinan Mahkamah Agung RI ke dalam 4 (empat) fungsinya, yaitu :

  1. Fungsi Mengadili; Dalam fungsi mengadili kami berdasarkan kesepakatan para hakim telah terkad untuk mempercepat penyelesaian perkara tidak lebih dari waktu 30 hari sedangkan untuk Pidana Anak selama 14 hari tanpa mengurangi ketelitian dan keakuratan serta pendalaman materi kasus mengingat kecukupan jumlah hakim yang ada berbanding jumlah perkara yang ditangani hal ini tertuang dalam Instruksi Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar Nomor : W24-U/68/HK.01.2/I/2023 pada bulan Januari 2023 tentang Pemberlakuan Standart Operasional Prosedur Badilum Dengan Percepatan.

  2. Fungsi PembinaanFungsi pembinaan telah dilakukan secara intensif baik dilakukan secara tatap muka maupun secara daring dengan seluruh jajaran melalui program KOPI BALI (Komunikasi dan Koordinasi pagi bersama aparatur pengadilan negeri se Bali) termasuk penerapan reward and punisment.

  3. Fungsi PengawasanFungsi pengawasan telah dilakukan secara internal maupun seluruh jajaran secara berjenjang yang dilakukan pejabat struktural maupun Hakim Pengawas Bidang (HATIWASBID) dan Hakim Pengawas Daerah (HATIWASDA) dibawah koordinator bapak Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar.

  4. Fungsi AdministrasiPengadilan Tinggi Denpasar memastikan administrasi teknis (kepaniteraan) dan administrasi umum (kesekretariatan) telah berjalan sesuai SOP dan ketentuan yang berlaku serta mendorong inovasi – inovasi layanan berbasis teknologi informasi untuk mewujudkan prima kepada masyarakat.

Secara keseseluruhan, rasio kinerja seluruh Pengadilan Negeri sewilayah Pengadilan Tinggi Denpasar dalam menangani perkara perdata, pidana biasa, pidana anak dan tipikor sebagai berikut: Perdata : 79%, Pidana Biasa : 88,4%, Pidana Anak : 97,6%, dan Tipikor : 79%.

Jika melihat capaian kinerja Pengadilan Tinggi Denpasar sesuai dengan data – data tahun 2023 yang tertuang pada Perjanjian Kinerja sesuai Indikator Kinerja Utama ( IKU ) dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ( SAKIP ) maka telah dicapai dengan optimal bahkan ada yang melewati 100 %.  Persentase perkara yang diselesaikan tepat waktu dan target salinan putusan yang dikirim ke pengadilan pengaju telah mencapai target 100%. Persentase perkara yang tidak mengajukan upaya hukum kasasi target 40% dan tercapai 42,1% ( 105, 25 % ).

Pada Tahun 2023 Pengadilan Tinggi Denpasar berserta jajaran juga telah berhasil meraih berbagai penghargaan, diantaranya:

  • Penghargaan Role Model Ketua Pada Pengadilan Tinggi;

  • Penghargaan Hakim Tinggi Pengawas Daerah;

  • Harapan II Lomba PTSP Kategori Terbaik;

  • Piagam Penghargaan Role Model Ketua pada Pengadilan Negeri Kelas I B (Pengadilan Negeri Singaraja);

  • Piagam Penghargaan Role Model Ketua pada Pengadilan Negeri Kelas II (Pengadilan Negeri Negara);

  • Piagam Penghargaan Role Model Panitera pada Pengadilan Negeri Kelas I B (Pengadilan Negeri Gianyar);

  • Predikat WBK diraih oleh Pengadilan Negeri Negara;

  • Harapan III Kategori E-Litigasi 501-1000 Perkara (Pengadilan Negeri Tabanan);

  • Peringkat II Kategori E-Litigasi 76-100 Perkara (Pengadilan Negeri Negara);

  • Peringkat I PTSP Kategori Pengadilan Negeri Kelas IB (Pengadilan Negeri Singaraja); dan

  • Unit Pelayanan Publik Terbaik Penyedia Sarana Prasarana Ramah Kelompok Rentan (Pengadilan Negeri Singaraja).

Pengadilan Tinggi Denpasar selalu berupaya melakukan Peningkatan Integritas di Lingkungan Pengadilan Tinggi Denpasar melalui beberapa program seperti KOPI Bali, Pembinaan dan Pengawasan, Monev PTSP, Penguatan Nilai Kerohanian dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum (Dirjen Badilum) Mahkamah Agung RI, H. Bambang Myanto, S.H.,M.H. yang hadir dalam acara refleksi kinerja Pengadilan Tinggi Denpasar juga memberikan pengarahan tentang pentingnya integritas. “Apapun prestasi yang diraih, tanpa adanya integritas, maka semuanya akan sia-sia” sambung beliau. Turut menghadiri acara ini Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bali, Ketua Pengadilan Negeri Se-Bali beserta seluruh jajarannya, Kepala Pengadilan Militer III-14 Denpasar, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Denpasar, dan seluruh keluarga besar Pengadilan Tinggi Denpasar.

Untuk menyambut tahun baru 2024 dengan semangat baru, Pengadilan Tinggi Denpasar berserta jajaran akan terus berupaya mewujudkan moto organisasi yaitu mewujudkan BALI AGUNG ( Bakti, Amanah, Layanan prima, Ikhlas, Adil dan tangGUNG jawab ) dan  diharapkan  di tahun 2024 peradilan umum di wilayah Bali dapat bekerja lebih baik lagi dan memberikan pelayan publik yang prima.

Pada kegiatan ini Bapak Dirjen Badilum bersama dengan Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar, juga menyerahkan penghargaan kepada:

Kategori Nilai SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) Terbaik Tahun 2023 diberikan kepada: 

  1. Pengadilan Negeri Gianyar;

  2. Pengadilan Negeri Denpasar;

  3. Pengadilan Negeri Singaraja.

Kategori Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Dipa 01 Tahun 2023 (IKPA) DIPA 01 Terbaik diberikan kepada:

  1. Pengadilan Negeri Negara;

  2. Pengadilan Negeri Semarapura;

  3. Pengadilan Negeri Amlapura.

Kategori Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Dipa 01 Tahun 2023 (IKPA) DIPA 01 Terbaik diberikan kepada:

  1. Pengadilan Negeri Gianyar;

  2. Pengadilan Negeri Semarapura;

  3. Pengadilan Negeri Negara.

Kategori Administrasi EIS (Evaluasi Implementasi SIPP Terbaik :

  1. Kategori Perkara 1 – 500 diberikan kepada Pengadilan Negeri Negara;

  2. Kategori Perkara 501 – 1000 diberikan kepada Pengadilan Negeri Tabanan;

  3. Kategori Perkara 1001 – 2000 diberikan kepada Pengadilan Negeri Singaraja;

  4. Kategori Perkara lebih dari >2000 diberikan kepada Pengadilan Negeri Denpasar.

Kategori Keberhasilan Mediasi untuk Pengadilan Negeri Kelas IA diberikan kepada:

  1. I Putu Suyoga, S.H., M.H (Hakim Pengadilan Negeri Denpasar);

  2. I Wayan Suarta, S.H., M.H (Hakim Pengadilan Negeri Denpasar);

  3. I Gusti Ngurah Agung Aryanta Era Winawan, S.H., M.H (Hakim Pengadilan Negeri Denpasar).

Kategori Keberhasilan Mediasi untuk Pengadilan Negeri Kelas IB diberikan kepada:

  1. Ni Luh Made Kusuma Wardani, S.H., M.H (Hakim Pengadilan Negeri Tabanan);

  2. Ni Nyoman Mei Melianawati, S.H., M.H (Hakim Pengadilan Negeri Tabanan);

  3. Dr. I Nyoman Dipa Rudiana, S.E., S.H., M.H (Hakim Pengadilan Negeri Gianyar).

Kategori Keberhasilan Mediasi untuk Pengadilan Negeri Kelas II diberikan kepada:

  1. Ni Komang Wijiatmawati, S.H, M.Kn (Hakim Pengadilan Negeri Amlapura);

  2. Luh Putu Sela Septika, S.H., M. H (Hakim Pengadilan Negeri Amlapura)

Kategori Kinerja Terbaik Tahun 2023 Hakim dan Pegawai Pengadilan Tinggi Denpasar diberikan kepada:

  1. H. Sumino, S.H., M.Hum. sebagai Hakim Tinggi Berkinerja Terbaik Tahun 2023 Pengadilan Tinggi Denpasar;

  2. Ni Wayan Sadiasih, S.H. sebagai Panitera Pengganti Berkinerja Terbaik Tahun 2023 Pengadilan Tinggi Denpasar;

  3. Si Kadek Ayu Wirasetiawati, S.E., M.M., sebagai Pegawai Berkinerja Terbaik Tahun 2023 Pengadilan Tinggi Denpasar;

  4. I Nengah Arnawa, sebagai Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) Berkinerja Terbaik Tahun 2023 Pengadilan Tinggi Denpasar;

  5. Ni Putu Ayu Nita Candra Dewi, A.Md., sebagai Petugas Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kepaniteraan Berkinerja Terbaik Tahun 2023 Pengadilan Tinggi Denpasar;

  6. Kadek Teddy Surya Prabawa, S.E., sebagai Petugas Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kesekretariatan Berkinerja Terbaik Tahun 2023 Pengadilan Tinggi Denpasar.

Pengadilan Tinggi Denpasar juga menyerahkan penghargaan kepada satker berkinerja terbaik tahun 2023 dalam lomba yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI yaitu:

  1. Pengadilan Negeri Singaraja, sebagai Peringkat I Lomba Layanan Pengadilan / PTSP Pengadilan Negeri Kelas I B Tahun 2023;

  2. Dr. Suhartanto, S.H., M.H., sebagai Hakim Tinggi Pengawas Daerah Terbaik Tahun 2023

  3. Heriyanti, S.H., M.Hum., sebagai role model Pimpinan Pengadilan Negeri Kelas I B Tahun 2023;

  4. Ni Kadek Kusuma Wardani, S.H., M.H., sebagai role model Pimpinan Pengadilan Negeri Kelas II Tahun 2023;

  5. I Made Witama, S.H., sebagai Peringkat Terbaik I Lomba role model Panitera Pengadilan Negeri Kelas I B Tahun 2023;

  6. Rotua Roosa Mathilda Tampubolon, S.H., M.H., sebagai Finalis Lomba role model Panitera Pengadilan Negeri Kelas I A Tahun 2023;

  7. Wajihatut Dzikriyah, S.H., M.H., sebagai Peringkat II Lomba Pelaksanaan E-Litigasi Hakim Tahun 2023 Kategori E-Litigasi 76 S.D. 100 Perkara;

  8. Pengadilan Negeri Tabanan, sebagai Harapan III Lomba Pelaksanaan E-Litigasi Pengadilan Negeri Tahun 2023 Kategori E-Litigasi 501 S.D. 1000 Perkara.

 

  • Galeri