Harap Tunggu


img_head
BERITA

Studi Banding ke Pengadilan Tinggi Denpasar adalah Pilihan Yang Tepat

Nov30

Konten : berita humas
Telah dibaca : 251 Kali
Tanggal Upload : 30 November 2023


Denpasar - Kamis (30/11/2023) pagi, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi (WKPT) Denpasar Bapak Dr. Wayan Karya, S.H.,M.Hum., beserta seluruh jajaran Pengadilan Tinggi Denpasar menerima kunjungan studi banding dari Pengadilan Tinggi Padang. Kegiatan studi banding diawali dengan sambutan WKPT Denpasar yang menyampaikan permakluman karena Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) Denpasar sedang ditugaskan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI sebagai salah satu anggota tim seleksi calon pimpinan pengadilan negeri kelas IB dan II. Beliau juga menyampaikan profil singkat Pengadilan Tinggi Denpasar, serta komitmen untuk mewujudkan lembaga peradilan modern berbasis teknologi informasi untuk mengatasi segala hambatan demi tercapainnya peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan. 

Mengambil tema "dengan studi banding mari kita tingkatkan kinerja pelayanan publik dalam memberikan pelayanan prima untuk memberikan kepuasan kepada pengguna layanan" diharapkan baik Pengadilan Tinggi Denpasar maaupun Pengadilan Tinggi Padang dapat saling berbagi pengalaman dan saling bertukar informasi demi memperbaiki layanan pada instansi masing-masing.

Ketua Pengadilan Tinggi Padang Bapak Dr. Ridwan Ramli, S.H.,M.H., juga menyampaikan "tidak salah memilih untuk studi banding di Pengadilan Tinggi Denpasar karena Pengadilan yang telah memperoleh WBK dan WBBM juga masih tetap melakukan studi banding ke Denpasar demi meningkatkan pelayanan". 

Dalam kegiatan ini, agen perubahan juga turut memaparkan rencana kerja dan inovasi yang dimiliki oleh Pengadilan Tinggi Denpasar yaitu:

  1. Peningkatan kinerja layanan utama pengadilan, melalui implementasi Surat Edaran Ketua Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2014 ke dalam Surat Keputusan KPT Denpasar Nomor: W24-U/12/HK.01.2/II/2022 dan instruksi KPT Denpasar Nomor: W24-U/68/HK.01.2/I/2023 tentang Pemberlakuan SOP Percepatan Penyelesaian Perkara pada Pengadilan Tinggi Denpasar dari 3 bulan menjadi 30 Hari Kalender ( 1 Bulan ). 

  2. Startegi Pembangunan Zona Integritas melalui pengembangan Surat Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur Dan Pengawasan Nomor:B/23/PW.00/2023 tanggal 15 Maret 2023.

  3. Inovasi Pengadilan Tinggi Denpasar sesuai dengan moto organisasi "BALI AGUNG" (Bakti, Amanah, Layanan Prima, Ikhlas, Adil dan Tanggung Jawab) seperti layanan unggulan: 

    1. Live streaming pengucapan putusan adalah pengucapan putusan yang disiarkan secara langsung pada akun youtube Pengadilan Tinggi Denpasar dengan jadwal yang telah ditampilkan sewbelumnya pada website;

    2. Layanan E-PTSP terintegrasi, yang bertujuan mengintegrasikan seluruh layanan peradilan umum di wilayah Bali seperti layanan salinan putusan, E-Riset, E-Mediator, pendaftaran prioritas untuk disabilitas, E-Berpadu, Eraterang, dan E-Court;

    3. Si-Alay (Sistem Informasi Administrasi Layanan Advokat), yaitu system untuk permohonan penyumpahan dan verifikasi berkas secara elektronik dan membuat register advokat wilayah Bali. S-Alay juga yang memperoleh predikat nomor 2 penerapan aplikasi pelayanan publik Tahun 2022;

    4. E-SIMPATIK (Sistem Informasi Tanda Tangan Elektronik) yang dibuat dengan tujuan menciptakan efisiensi dan efektifitas dalam pengelolaan surat dinas di peradilan umum wilayah Bali.

Kegiatan dilanjutkan dengan berkeliling melihat fasilitas dan berdialog dengan Pengadilan Negeri Singaraja dan Pengadilan Negeri Negara melalui command center Pengadilan Tinggi Denpasar.  Harapan lainnya dari studi banding ini, adalah dapat memacu perubahan dan memotivasi semuanya untuk terus berkembang serta mampu untuk menciptakan berbagai macam inovasi layanan yang bermutu.